Senin, 11 Juni 2018

Tips Aman Mudik Menggunakan Sepeda Motor

perlengkapan mudik motor

Terutama menjelang hari raya idul fitri, lonjakan kendaraan dijalan raya semakin meningkat dikarenakan para anggota keluarga yang tinggal jauh bersama orang tua menyempatkan diri untuk datang menjenguk orang tuanya dihari raya.

Ada orang yang mudik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadinya. Untuk kamu yang melakukan perjalanan jauh dengan motor diharapkan lebih menyiapkan segalanya dengan sangat matang.

Kita tidak tahu apa yang terjadi nanti ketika dalam perjalanan apa selamat atau mendapatkan masalah semua itu harus kamu pikirkan sebelumnya. Kamu juga tahu resiko berkendara itu klo tidak menabrak yah ditabrak. Maka dari itu, kamu harus melakukan persiapan mudik terutama bagi kamu yang akan mudik menggunakan motor.


Tips mudik pakai motor


Service kedaraan anda ke dealer motor


Walaupun memang motor tidak terasa oleh kamu mengalami kerusakan, mengecek motor sangat disarankan untuk menghindari hal-hal yang terjadi bahkan yang akan terjadi nantinya. Kamu service dan ganti oli untuk motor kamu agar motor bisa fit ketika kamu ajak jauh untuk mudik.

Gunakan perlengkapan safety ride


alat safety gear untuk mudik

Perlengkapan yang safety bisa memperingan luka jika kamu mengalami kecelakaan kendaraan setidaknya luka yang kamu akan alami tidak akan separah orang yang tidak berkendara menggunakan perlengkapan safety.
Apa saja perlengkapan safety ride untuk mudik menggunakan motor:

persiapan mudik naik motor
Sarung Tangan
Fungsi sarung tangan bukan untuk menghindari kulit agar tidak belang namun untuk melindungi jari-jari kamu agar tidak mengalami luka yang terlalu serius karena bagian jari tangan maupun kaki sangat rawan saat terjadi kecelakaan bisa saja patah. Untuk menghindari semua hal itu kita disarankan untuk menggunakan sarung tangan terutama saat perjalanan jauh.


Helm
Kepala adalah bagian yang sangat peting untuk selalu dilindungi, banyak kejadian kecelakaan yang sampai kepala pecah karena dia jatuh tidak menggunakan helm. Dengan menggunakan helm setidaknya saat jatuh yang terkena ke aspal adalah helm terlebih dahulu. Helm yang paling aman untuk mudik adalah helm fullface.

Celana panjang
Jangan sekali-kali kamu berkendara terutama motor menggunakan celana pendek karena resiko ketika jatuh, kaki akan mengalami luka yang serius apalagi jika terjatuhnya sampe terlempar jauh. Dengan adanya celana panjang terutama berbahan tebal dan kuat (bukan celana olahraga) kita akan tergesek hanya dengan celana bukan dengan aspal. Selebihnya kamu pikirkan saja jika kamu terjatuh langsung terkena kulit kamu.

tips perjalanan jauh dengan motor matic
Jaket 
Selain agar tidak masuk masuk angin, jaket bisa berfungsi untuk melindungi tubuh kamu terutama bagian badan (dada, perut, punggung, tulang punggung) dan tangan. Saat melakukan mudik kamu bisa menggunakan 2 jaket atau lebih, tapi jangan sampe sesak nafas yah. Kamu bisa mengkombinasikan jaket dengan rompi motor untuk menggantikan warepack.


persiapan mudik pke motorSepatu 
Seperti halnya pada sarung tangan, sepatu berfungsi untuk melindungi jari kaki dan sekitar mata kaki terutama bagi sendi yang sangat lunak. Lebih baik untuk menggunakan sepatu yang tidak bertali apalagi jika kamu menggunakan motor kopling atau bergigi untuk menghindari tali sepatu yang menyangkut kdalam rantai motor.


Persiapkan kondisi tubuh kamu


Tidak hanya melakukan perhatian pada kondisi motor, pada tubuh kamu juga harus dipersiapkan agar saat melakukan mudik kondisi tubuh kamu seger dan fit. Biasakan untuk tidur sebelum kamu melakukan perjalanan dan bangun 1 jam sebelum kamu mulai berangkat. Paling enak kita mudik pakai motor matic jika kamu harus membawa barang yang cukup banyak daripada menggunakan motor sport.

Menepi dan istirahat jika kamu mulai kelelahan


Kamu jangan paksakan untuk terus berkendara sampai tujuan tanpa istirahat karena badan kamu akan mudah lelah dan bisa saja sakit. Biasakan untuk menepi dan istirahat setiap berkendara selama 2 jam agar kondisi kamu tetap terjaga terutama untuk menghindari rasa lapar dan dehidrasi selama dalam perjalanan.

Tentukan rute terdekat


perlengkapan mudik naik motor
Kamu bisa mencari-cari rute sepeda motor yang paling dekat dengan tujuan kamu bisa kamu gunakan google maps untuk menentukan jalur mudik terbaik. Kamu bisa pilih rute yang tidak banyak belokan atau jalan yang sering macet. Intinya kamu cari rute yang menurut kamu cepat dan aman untuk sampai ke kampung halaman.

Kontrol kecepatan kendaraan kamu

mudik pakai motor sport

Jangan tergesa-gesa untuk sampai ke tujuan karena ini sangat beresiko jika kamu paksakan. Atur kecepatan jika jalan kosong kamu bisa menambah kecepatan dan jika jalan yang ramai kamu bisa menambah dan mengurangi kecepatan sesuai dengan kondisi jalan. Paling utama dan yang paling utama kamu harus tetap bersabar jika jalur yang kamu lalui mengalami kemacetan. Filtering/menyalip-nyalip bisa kamu lakukan jika masih memungkinkan untuk dilakukan.

Pejalanan mudik bukan sembarang berkendara ke warung terdekat, perlunya persiapan mudik naik motor agar semuanya sesuai dengan rencana dan bisa selamat sampai kamu pulang lagi. Motor matic menjadi rekomendasi dari saya untuk melakukan mudik agar tidak mudah pegal dan bisa membawa barang yang akan dibawa. Tidak salah jika menggunakan motor sport namun saya sarankan untuk mengirim barang terlebih dahulu sebelumnya melalui jasa pengiriman.


EmoticonEmoticon