Sabtu, 02 Juni 2018

Memilih Kamera Untuk Bermain Youtube Channel Gaming

kamera untuk youtube gaming
Picture by channel youtube Jess No Limit - 

Memilih kamera memang gampang-gampang susah, terkadang ada saja kekurangan di antara berbagai macam kamera bahkan satu jenis pun bisa ada perbedaan yang menjadi ciri khasnya masing masing. Nah sedangkan untuk gaming pastinya cameranya berbeda dengan kamera untuk MotoVlog (Baca: Memilih kamera untuk motovlog) karena ada kebutuhan yang berbeda di antaranya. Ketika kita bermain game sering sekali mendapatkan moment lucu, moment keren, moment jumpscare (untuk game hantu) dan masih banyak lainnya, untuk itu kita membutuhkan kamera agar dapat merecord kejadian tersebut ke dalam video.

Tidak sekedar hobi bermain game, membuat video gaming juga bisa untuk di monetisasi ke youtube dan menghasilkan uang. Terkadang makin unik video yang kita buat maka akan banyak sekali views dan menghasilkan uang yang banyak, nantinya bisa kita gunakan untuk mengupgrade peralatan gaming kita. Tidak hanya sebuah laptop saja yang menjadi kebutuhan khusus bermain game, namun kamera juga sangat penting terutama bagi para youtuber.

Memilih Kamera Untuk Channel Gaming


1. Kamera dengan Jenis Webcam eksternal
Untuk kamu yang belum siap untuk membeli kamera DLSR maka alternatifnya adalah Webcam eksternal, dengan menggunakan Webcam eksternal ini kamu dapat merekam dengan spesifikasi sesuai dengan camera tersebut tetapi dengan harga camera yang lebih murah ketimbang kamu membeli kamera DLSR yang notabene harganya lebih mahal.

2. Mempunyai spesifikasi 6MP ke atas
Biasanya ada banyak sekali camera tipe webcam yang masih VGA atau 2 MP Kebawah inilah yang sering terjadi ketika kamu mencoba merekam muka mu sambil bermain game jika menggunakan laptop secara langsung yang menggunakan camera laptop. Untuk itu di perlukan Webcam eksternal yang sudah 6MP agar hasil rekaman tidak seperti hasil VGA camera yang kurang bagus.

3. Mempunyai resolusi 720p ke atas
Untuk merekam video selain harus mempunyai kamera dengan spesifikasi FPS yang lumayan, kita juga harus memperhatikan di linit Resolusi jika kita memilih Resolusi yang rendah maka sudah pasti video tidak akan bagus jika di putar pada media dengan layar yang besar untuk memperhatikan detail dari video motovlog tersebut. Untuk itu kita membutuhkan kamera dengan Resolusi yang tinggi biasanya untuk standar video sekarang Resolusi yang standar itu adalah 720p dan 1080p itu sudah termasuk HD. Tetapi jika sobat menginginkan yang lebih HD lagi maka sobat bisa mencoba kamera yang sudah support 4K Video record agar bentang layar luas.

4. Mempunyai FPS minimal 24
Untuk linit FPS kita tidak perlu terlalu tinggi seperti 30 FPS ke atas karena kita tidak akan merekam dengan kecepatan tinggi seperti pada MotoVlog yang merekan sambil berkendara dengan pergerakan yang cepat. Kamu bisa meletakkan kamera mu di atas layar laptop atau pc agar hasil rekaman lebih baik lagi.

5. Compatible dengan PC yang kita pakai
Usahakan untuk melihat seri dari Webcam eksternal yang kamu beli nantinya pas untuk Windows mu atau tidak, usahakan pilih yang support agar nantinya tidak menyesal karena tidak dapat beroperasi alias lain sistem operasi.

Bagi youtuber gaming kamera sangat berperan penting untuk melihatkan ekspresi kita ketika bermain game agar interaktif antara yang bermain dengan yang menonton. Walaupun memang kamera dslr lebih memiliki kualitas yang lebih baik dari webcam, namun jika budget yang anda punya untuk saat ini kurang, maka webcam bisa menjadi solusinya. Setelah nanti kamu punya budget untuk upgrade kamera saya sarankan untuk menggantinya ke kamera dslr.


EmoticonEmoticon