Jumat, 08 Juni 2018

Cara Merawat Printer Agar Tidak Mudah Rusak Dan Bisa Bertahan Lama

perawatan pada printer

Apabila kita mempunyai barang maka kita harus bisa menjaganya, begitupun dengan printer semakin kamu sering melakukan perawatan terhadap printer kamu, maka usia printer akan bertahan lama. Biasanya saat kita membeli printer sering mendapatkan buku panduan mengenai cara perawatannya, namun cara perawatan printer yang diberikan tidak sesuai dengan kondisi kenyataan.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui lebih dalam lagi mengenai cara menjaga printer agar tidak mengalami kerusakan. Kamu bisa memulai dari hal-hal kecil

Cara perawatan printer agar tahan lama


1. Melakukan print minimal 1 kali seminggu
Jika sobat memunyai printer maka usahakan untuk melakukan print minimal 1 kali dalam 1 minggu, ini agar tinta yang berada di dalam printer tidak membeku dan merusak sistem yang sedang berjalan di dalam printer sobat tersebut. Jika tinta printer sudah membeku maka akan menyumbat aliran tinta yang berada di dalam printer kesayangan sobat.

Hasilnya adalah kerusakan pada saat proses mencetak karena tinta tidak bisa keluar dan ini sering sekali terjadi pada orang yang kurang menjaga printer hingga berakibat seperti ini, untuk memperbaiki tinta printer yang sumbat butuh perhatian khusus seperti memanaskan selang tinta printer hingga membongkar bagian yang ada di printer tersebut untuk memperbaiki aliran tinta. Yang paling buruk adalah ketika printer tidak bisa lagi di perbaiki yah berarti kita harus beli yang baru. Untuk tipe printer yang menggunakan tinta deskjet maka hal ini sangat jarang terjadi karena tipe pengisian yang sangat unik yaitu langsung ganti cadrige sekali pakai.

Namun, saya sarankan lebih baik kamu selalu melakukan print setiap hari minimal 1 kertas, kertas bekas pun tidak masalah. Agar printer terbiasa untuk bekerja dengan semestinya dan saya pastikan tidak akan mengalami kerusakan berupa tinta yang beku atau saluran tinta yang masuk angin.

2. Melakukan pengecekan/maintenance dengan software
Selai kerusakan akibat tinta, printer juga dapat mengalami kerusakan akibat software yang tidak bagus dan adanya kesalahan pada sistem di printer. Untuk itu kita membutuhkan software bawaan dari Printer ini untuk mendeteksi kesalahan yang ada, biasanya jika terjadi kesalahan lampu pada printer akan berkedip kedip terus ketika di coba untuk bekerja. Untuk mengatasinya kita bisa melakukan scan error pada printer dengan menggunakan Software bawaan printer ini, silahkan di scan masalahnya agar nantinya tidak mengganggu jika suatu saat akan digunakan.

Proses maintenance lebih baik dilakukan setidaknya 1 bulan sekali agar kita mengetahui apakah dalam sebuah sistem software dari printer tersebut mengalami masalah atau tidaknya. Jika kita tidak pernah melakukan maintenance jika suatu masalah datang masalah pada printer mungkin bisa berakibat rusaknya printer lebih parah.

3. Jangan menumpuk kinerja printer
Memprint terlalu banyak kertas dengan 1 printer dapat merusak printer tersebut, contohnya 1 kali print hingga 100 lembar maka itu akan merusak printer karena bekerja terlalu keras hingga dapat menyebabkan kerusakan. Memang kerusakan tidak timbul langsung tetapi untuk kedepannya pasti hal tersebut akan terjadi juga. Lebih baik jika kamu misalkan melakukan print sebanyak 80 lembar kamu bagi 2 saja dalam proses mencetak 40 lembar dulu, istirahatkan sebentar lalu print lagi 40 lembar selanjutnya. Namun, mungkin ini tidak berlaku jika jenis printer anda mendukung untuk melakukan print dalam jumlah banyak.

4. Selalu Isi tinta pada waktu yang tepat
Isi tinta pada saat hampir habis jangan biarkan tinta habis sampai kering karena di dinding saluran selang mungkin akan menjadi kerak sehingga menghambat dalam proses mencetak. Pastikan pula kode warna tinta yang akan kamu beli sesuai dengan kode warna sebelumnya. Lakukan secara benar dan berhati-hati jangan sampai kamu salah memasukan warna nya.

5. Membersihkan printer 1 kali sebulan
Tidak terlepas dari perawatan point-point sebelumnya, membersihkan kotoran yang menempel pada printer pun wajib dilakukan seperti kotoran debu. Kotoran debu bisa menghambat kinerja dari printer itu sendiri, bersihkan seluruh bagian dan sela-sela dari printer baik itu didalam maupun bagian luar. Kamu bisa menggunakan kain lembut, tisu, kuas halus dan lainnya yang diberikan sedikit air untuk menyingkirkan debu yang ada. Setelah semuanya setelah jangan lupa untuk mengeringkan printer sampai benar-benar kering.

Segala perawatan printer harus dilakukan secara baik dan benar serta selalu berhati-hati jangan sampai ceroboh yang menyebabkan printer malah menjadi bertambah rusak. Tidak perlu ke tempat elektronik untuk melakukan perawatan pada printer cukup kamu lakukan dirumah saja dan yang paling penting kamu wajib memahami setiap point-point penting dalam menjaga printer agar tetap awet.


EmoticonEmoticon