Jumat, 01 Juni 2018

Cara Memperbaiki Mouse Laptop Yang Rusak

cara mengatasi mouse yang rusak

Selain sebagai controler, mouse juga merupakan senjata pada gamer genre FPS untuk bermain game untuk memenangkan pertandingannya. Mouse mempunyai peranan yang penting untuk menkontrol komputer saat di gunakan, ada banyak sekali jenis dari mouse ini mulai dari mouse untuk kantor hingga mouse untuk gaming. Dari sekian banyak penggunaan mouse pasti kamu lebih condong ke penggunaan untuk gaming. Bukan hanya itu mouse gaming memang sangat menawan apalagi yang sudah support RGB hingga membuat penggunanya tidak bosan pada saat memakainya.

Selain ada mouse yang menggunakan kabel ada juga mouse yang menggunakan bluetooth alias tanpa kabel, mouse jenis ini biasanya membutuhkan baterai untuk menggunakannya karena tidak adanya pasokan listrik selain dari baterai pada mouse. Semua keindahan itu akan hilang jika mouse yang kamu miliki rusak atau tidak bisa digunakan. Untuk itu, kamu harus mengetahui cara memperbaiki masalah yang sering terjadi pada mouse, diantarnya:

Mempebaiki masalah mouse yang baik dan benar


1. Masalah mouse yang kontak kontak atau mouse yang mati
Mouse yang masih menggunkaan kabel pastinya akan terjadi masalah ini di kemudian hari yakni mousenya kontak kontak atau mouse yang mati. Penyebabnya kerusakan mouse seperti ini adalah karena sering sekali kabel di tarik pasksa tanpa ke hati hatian sedikit pun, memang menarik paksa beberapa kali tidak akan mengganggu kabel tetapi jika sudah sering terjadi bukan tidak mungkin kabel yang berada di dalam mouse tersebut potus secara perlahan lahan hingga mengganggu aliran listrik menuju mouse dari cpu. Untuk mengatasi hal ini agar tidak terjadi usahakan agar tidak menarik narik mouse secara paksa yang dapat berakibat kabel yang kendor atau putus.

Jika sudah terjadi kerusakan seperti ini maka cara untuk memperbaikinya adalah dengan membuka mouse tersebut lalu melihat kabel yang terganggu atau putus, kita dapat memperbaikinya dengan menyambungkannya menggunakan solder. Solder bagian yang akan di sambungkan, hati hati agar tidak terkena tangan karena solder sangat berbahaya apabila terkena kulit dapat membuat kulit melepuh.

2. Masalah tombol yang sudah di tekan tetapi tidak respond
Masalah tombol ini sering sekali penyebabnya adalah terlalu keras pada saat menekan tombol mouse atau mengklik menggunakan mouse ini, nah jika kamu orang yang suka menekan tombol klik pada mouse dengan kuat, kurangi hal tersebut agar tidak merusak mouse karena terlalu kuat menekan mouse dapat merusak penahan klik yang berada di dalam mouse. Jika mouse sudah terlanjur rusak seperti ini maka cara untuk memperbaikinya adalah dengan membuka mouse tersebut secara perlahan dengan melepaskan terlebih dahulu baut baut yang terpasang lalu melihat di bagian klik mana yang mengakibatkan gangguan. Bila terjadi kerusakan pada per atau plastik body yang patah biasanya bisa di solder atau jika hanya plastik saja bisa di lem dengan lem setan agar lebih kuat.

3. Masalah lampu yang mati
Hampir sama dengan yang nomor 1 yaitu membuka dan melihat kabel yang terhubung dengan dengan lampu mouse, setelah kamu menemukan dan terdapat kabel yang putus atau hampir putus silahkan untuk solder bagian tersebut. Selalu untuk berhati-hati dalam memperbaiki masalah-masalah yang terjadi pada mouse.

4. Masalah Mouse Bluetooth yang tidak connect
Mouse bluetooth terdapat pada mouse jenis portable, biasanya masalah mouse ini adalah salah satunya bluetooth yang tidak bisa terdeteksi. Untuk mengatasi masalah ini kamu tak perlu bongkar mouse nya, cukup cek daya dari baterai yang di pake oleh mouse atau langsung ganti dengan baterai baru.

5. Masalah Mouse yang tidak connect
Jika kamu menggunakan mouse dari merk RAZER biasanya untuk bisa menghubungkan dengan laptop harus menggunakan software untuk bisa connect. Cobalah kamu download software yang sesuai dan sudah direkomendasikan oleh pihak razernya.

Selalu kenali setiap masalah yang terjadi pada mouse, agar ketika kamu mengalami kerusakan setidaknya kamu bisa memperbaikinya tanpa perlu membawanya ketempat servis dan ini bisa menghemat biaya untuk servis tanpa perlu membeli mouse yang baru.


EmoticonEmoticon