Selasa, 01 Mei 2018

Pilih HardDisk atau SSD Sebagai Media Penyimpanan Terbaik Untuk Laptop Kamu

hdd vs ssd bagus mana

Hardisk dan SSD merupakan media penyimpanan pada komputer yang sangat sering di gunakan pada masa ini, dengan menggunkan media penyimpanan seperti ini kita dapat menyimpan data hingga Ribuan Giga Bytes atau TB. Biasanya kita akan menyimpan banyak sekali file pada komputer kita seperti film, aplikasi installasi, game dan masih banyak lainnya. File tersebut sangatlah besar biasanya untuk sebuah file saja sudah berukuran ratusan MB Hingga GB, nah untuk itu kita membutuhkan penyimpanan yang lebih besar lagi dari pada yang bisanya yaitu seperti hardisk atau SSD eksternal.

Jika kita melihat perbedaan di keduanya memang banyak sekali tetapi sama sama media penyimpanan yang baik untuk di gunakan di komputer, masih bingung mau pilih yang mana di antara hardisk atau SSD maka berikut ini adalah kelemahan dan keunggulan di antara kedua media penyimpanan ini.

Kelebihan hardisk


1. Media penyimpanan yang besar
Jika kita membeli hardisk sekarang ini maka yang paling sering kita temui adalah yang berukuran 500GB hingga 1TB untuk pengguna pasaran. Memang ukuran seperti ini sudah besar untuk menyimpan file untuk pengguna komputer di kantor yang biasanya hanya menyimpan arsip atau surat untuk kebutuhan membuat surat dan lainnya. Biasanya komputer low end sering sekali memakai ukuran seperti ini karena harganya yang murah. Di bandingkan dengan SSD untuk ukuran hardisk 1TB maka jika kita buat perbandingan dengan SSD maka kita hanya akan mendapatkan ruang penyimpanan sekitar 250GB saja tentunya untuk pengguna low end ini sangatlah tidak efisien dan merugikan pengguna yang hanya memerlukan besar ruang penyimpanan saja.

2. Harga yang murah
Seperti yang sudah saya sebutkan tadi untuk perbandingan antara SSD dengan Hardisk yaitu hardisk 1TB = SSD 250GB.  Maka kita pastinya akan memberikan harga yang lebih menguras dompet jika hanya untuk membeli media penyimpanan SSD ini. Jika kamu bekerja pada kantor atau percetakan maka SSD ini pasti tidak akan di gunakan karena tidak efisien dan tidak menyesuaikan dengan penggunanya. Bahkan untuk beberapa orang yang mining bitcoin saja tidak menggunakan SSD karena untuk mining bitcoin hanya menggunakan kecepatan GPU atau CPU saja.

Kelemahan hardisk


1. Kecepatan biasa
Untuk penggunaan komputer low end maka kita tidak perlu khawatir tetapi jika kita sudah merujuk pada media penyimpanan yang membutuhukan kecepatan akses yang tinggi maka ini pasti akan di perhatikan. Biasanya untuk kebutuhan penyedia layanan internet, penyedia layanan hosting, server penyimpanan dan lainnya maka pasti akan menggunakan SSD karena membutuhkan kecepatan yang tinggi agar tidak macet ketika melakukan proses.

2. Lebih sering terjadi badsector di bandingkan SSD
Untuk hardisk 3 tahun ke atas pasti sudah banyak badsector, tetapi ssd jarang.

3. Komponen yang rawan rusak
Komponen yang ada didalam HDD lebih gampang untuk rusak jika terjadi goncangan, terbentur bahkan terjatuh karena memang piringan yang ada di HDD lebih tipis dan rawan untuk retak bahkan pecah, berbeda dengan SSD yang tidak memiliki piringan sehingga lebih aman dari kerusakan.

Kelebihan SSD


1. Kecepatan
Untuk pengguna SSD pastilah penyedia layanan internet, penyedia layanan hosting, server penyimpanan dan lainnya yang membutuhkan kecepatan tinggi yaitu 8x lipat dari HDD.

2. Jarang terjadi badsector di bandingkan Hardisk
Untuk ssd meski sudah 3 tahun ke atas masih jarang ada badsector.

3. Bekerja secara hening.
Dalam penggunaan SSD hampir tidak ada suara yang keluar karena memang didalamnya hanya berisi sekumpulan memori, berbeda dengan HDD yang masih menggunakan piringan sehingga lebih berisik dari SSD.

4. Lebih Hemat Daya
Karena memang SSD tidak menggunakan piringan dan berjalan lebih sedikit gerakan sehingga SSD ini bisa lebih menghemat daya dari laptop kamu daripada menggunakan HDD.

5. Jauh Lebih Aman
Karena SSD ini tidak disertai komponen piringan untuk menjalankannya sehingga sedikit kemungkinan file yang berada di dalam SSD ini rusak atau corrupt.

Kelemahan SSD


1. Harga mahal dan Media penyimpanan yang kecil
Untuk harga 1TB HDD sama seperti 250GB SSD, jika kita pikir memang orang-orang akan memilih HDD karena memang harga yang lebih murah dan penyimpanan yang lebih besar dari SSD.

Nah itulah tadi perbandingan di antara kedua media penyimpanan ini, seperti yang sudah kita lihat jika kita lebih memilih media penyimpanan yang besar dan murah lebih baik kita membeli hardisk ketimbang membeli SSD. Tetapi jika kita membutuhkan media penyimpanan dengan akses yang super cepat yaitu 8x lebih cepat dari hardisk maka silahkan membeli SSD dengan kecepatan yang tinggi tetapi ruang yang tidak besar dan harga yang lebih mahal di bandingkan hardisk.

Jadi jika memang kamu membutuhkan media penyimpanan yang besar dan budget yang sedikit lebih baik memilih HDD, namun jika kamu mempunyai budget yang banyak lebih baik memilih SSD walaupun harga lebih mahal dan tempat penyimpanan yang lebih kecil dari HDD.


EmoticonEmoticon