Kamis, 03 Mei 2018

5 Cara Mengatasi Masalah Yang Sering Terjadi Pada Keyboard

masalah yang sering terjadi pada keyboard

Keyboard pada komputer sangat berguna sekali untuk mengetik kata kata dengan cepat, bukan hanya itu untuk kalangan gamers bahkan keyboard komputer menjadi pasangan yang sulit di pisahkan antara mouse dan keyboard. Banyak sekali jenis dari keyboard mulai dari keyboard komputer kantor, keboard gaming, keyboard wireless, keyboard RGB, keyboard touch screen dan masih banyak lagi lainnya. Tetapi tahukan sobat sering sekali terjadi kerusakan pada keyboard laptop oleh karena kurang pahamnya user tersebut untuk menjaga barang agar tetap awet.

Nah sering seksli user tidak tahu cara merawat keyboard lalu menggunakanya dengan sembarangan seperti menggunakan keyboard dengan tangan yang berminyak sambil menaruh gorengan di atas keboard (biasanya ini terjadi di warnet), keyboard yang sering senggol senggol hingga terantuk karena perubahan rotasi yang salah (biasanya ini pemain point blank), pengguna keyboard yang terlalu keras menekan tombol pada keboard dan masih banyak lagi lainnya. Nah jika keyboard komputer milik sobat sudah terlanjur rusak berikut ini adalah cara untuk mengatasinya.

Solusi mengatasi masalah pada keyboard


1. Keyboard komputer yang sering mati
Keyboard yang kontak kontak atau sering mati sendiri ini ada dua penyebabnya yaitu aliran listrik yang kurang bagus dan karena adanya kotoran yang mendendap di dalam keyboard. Jika yang terjadi adalah aliran listrik yang kurang bagus penyebabnya ini sering sekali karena kabel yang terpasang antar keyboard dengan komputer sering di tarik tarik hingga terjadi kabel kendor di dalam keboard yang menghasilkan keyboard yang kontak kontak. Untuk mengatasi hal ini sobat bisa membuka keboard lalu melihat aliran listrik atau kabel yang terpasang bagus atau tidak karena sering sekali ketika sobat membukanya maka akan terlihat bahwa ada kabel yang terkelupas hingga kabel yang sudah putus tetapi hanya satu saja jadi tidak ketawan karena masih ada kabel yang lain menggantung.

Sedangkan jika masalah karena kotoran maka sobat bisa membongkar keyboard lalu membersihkan semua kotoran yang ada di sirkuit digital yang terdapat pada keboard komputer yang sedang termasalah itu. Jangan lupa untuk mengeringkannya jika sobat membersihkan dengan lap yang mengandung air agar nantinya ketika di colok tidak terjadi korslet akibat listrik yang terkena air di dalam keyboard.

2. Tombol Keyboard komputer yang susah di tekan
Ini biasanya terjadi karena orang yang menggunakan keyboard ini tangannya jorok karena makan gorengan atau lainnya, lalu mengelap minyak ke keyboard hingga mengakibatkan kerusakan seperti keyboard laptop tidak bisa mengetik huruf. Untuk mengatasi masalah ini kita bisa membersihkan dengan membongkar tuts pada keyboard agar tidak ada debu atau kotoran lainnya yang menghambat keyboard untuk bekerja.

3. Keyboard komputer yang tidak terdeteksi
Ada 2 masalah jika keboard tidak terdeteksi yaitu karena listriknya dan karena drivernya yang tidak ada, jika masalah pada listrik sobat bisa lihat point nomor 1 untuk memperbaikinya. Sedangkan jika masalah karena driver sobat bisa mendownload drivernya agar dapat terdeteksi biasanya tipe keyboard gaming yang sering begini.

4. Keyboard yang lecet lecet
Keyboard lecet cara mengatasinya dengan menempelkan striker yang tidak mempunyai pola alias bersih, tetapi jika sobat ingin keyboardnya bergambar sesuai tema yang sobat sukai bisa juga memasang stiker yang bergambar.

5. Keyboard RGB yang lampunya tidak menyala
Ini hampir sama dengan point nomor 1 yaitu masalah di listriknya, sobat bisa membongkar lalu melihat bagian mana yang kabelnya copot atau tidak terhubung dengan lampu RGB yang ada di dalam keyboard.

Karena memang keyboard adalam komponen penting dalam sebuah komputer atau laptop, maka kamu juga harus ekstra menjaga keyboard agar tidak mengalami kerusakan dan kamu juga harus mengetahui cara mengatasi keyboard yang rusak.


EmoticonEmoticon