Sabtu, 19 Mei 2018

5 Cara Merawat Mouse Dengan Baik Agar Tetap Awet

perawatan mouse

Mouse sangat berperan penting bagi khusunya bagi para pengguna komputer, namun tidak jarang laptop pun menggunakan mouse untuk mengontrol laptop. Hendaknya kamu harus selalu merawat mouse yang kamu miliki terlebih jika mouse nya adalah mouse gaming. Sayang jika kamu harus selalu membeli terus-menerus mouse karena sering terjadi kerusakan akibat perawatan kita yang tidak benar.

Cara merawat mouse agar tidak rusak


1. Kurangi pemakaian yang kurang wajar
Pemakaian yang kurang wajar biasanya disebabkan karena para pengguna yang sedang bermain game, entah mereka mati atau kalah telak yang membuat mereka semakin greget untuk mencoba kembali namun malah kalah kembali sehingga membuat para pemain menjadi kesal hingga membanting mouse.

Walau mouse yang langsung di banting tidak rusak seketika tetapi sudah pasti akan ada efek jangka panjangnya seperti lampu yang mati  hingga kerusakan lainnya bahkan bisa menyebabkan mouse tidak bisa digunakan lagi alias mati total. Oleh karena itu usahkan untuk tidak membanting mouse ketika kamu sedang stress ketika bekerja atau ketika bermain game. Cobalah untuk menahan emosi kamu atau melampiaskannya dengan cara lain misalnya berteriak atau memukul meja misalnya. Agar uang anda juga tidak keluar untuk membeli mouse yang kamu rusakan sendiri.

2. Membersihkan mouse
Membersihkan mouse sangatlah gampang tidak seperti membersihkan cpu komputer, untuk membersihkan mouse komputer kita hanya perlu membuka casing dan mengelap bagian yang sangat banyak terdapat debu dan kotoran yang menumpuk. Kamu pasti sering menggunakan mouse dengan tangan kotor kan maka dari itu pastilah kamu harus membersihkan mouse agar tidak rusak karena tumbukan debu dan kotoran yang berada di sirkuti digital yang berada di dalam mouse ini. Jangan menggunakan air untuk membersihkan mouse karena dapat menyebabkan kerusakan apabila nantinya di gunakan tidak dalam keadaan kering sempurna.

3. Jangan di colok ke slot USB yang salah
Pernahkan kamu mencolokan USB bukan pada tempatnya seperti mencolokkan mouse pada USB pengisian baterai handphone. Ternyata hal ini dapat merusak sirkuit digital yang ada di dalam mouse yang apabila terjadi dalam waktu yang lama dapat merusak mouse kesayangan kamu. Kamu bisa colokan mouse pada lambang usb pada laptop atau komputer kamu jangan kamu paksakan untuk digunakan pada colokan yang lainnya yang terdapat pada laptop tersebut.

4. Gunakan mousepad
agar mouse bertahan lama

Sering sekali kita menghiraukan ini yaitu menggunakan mouse tanpa alas komputer, selain sangat menyulitkan ternyata hal ini dapat merusak bagian bawah mouse hingga membuatnya lecet dan tidak halus lagi ketika di pakai sehingga menyebabkan terganggunya kinerja mouse saat digunakan. Menggunakan mousepad menjadi salah satu cara untuk merawat mouse agar bisa bertahan lama untuk kamu gunakan.

5. Bersihkan tangan dari minyak dan air
Bersihkan selalu tangan anda ketika menggunakan mouse, karena dengan tangan yang berminyak atau berair dapat merusak warna yang terdapat pada mouse tersebut membuat warna dasar dari mouse mengelupas.

Mouse sangat rawan terkena kerusakan terlebih jika kita tidak bisa merawatnya dengan baik, memang harga mouse tidak terlalu mahal daripada part komputer lainnya namun, jika kamu harus terus membeli karena sering terjadi kerusakan akibat pemakaian yang salah nantinya uang kamu terbuang secara sia-sia. Mengetahui cara merawat mouse bisa memperpanjang usia mouse untuk anda gunakan.


EmoticonEmoticon