Sabtu, 12 Mei 2018

Cara Merawat Action Cam Agar Memiliki Umur Panjang

perawatan untuk action cam

Action cam merupakan jenis kamera yang paling sering di gunakan oleh Moto Vlogger untuk melakukan rekaman video saat mereka melakukan Touring untuk sekedar mengingat masa saat mereka berkendara atau untuk di masukkan ke dalam channel youtube mereka. Banyak sekali merk dan jenis dari Action cam ini mulai dari yang paling ringan hingga ada yang berat.

Sesuai dengan fungsinya yaitu merekam kejadian yang berbau action, maka action cam ini sudah pasti mudah di bawa bawa hanya dengan menggantungkannya saja menekan tombol lalu siap untuk merekam segala kejadian sambil melakukan kegiatan ekstrim. Selain MotoVlog ada banyak sekali jenis kegiatan lainnya yang menggunakan action cam ini seperti persepeda, berseluncur salju, mendaki gunung, menjelajah hutan dan masih banyak lagi.

Agar umur dari action cam kita panjang kita perlu merawatnya dengan banyak sekali cara yang bisa kalian coba, nah berikut ini adalah beberapa cara yang bisa sobat coba untuk merawat action cam.

Cara menjaga action camera yang baik dan benar


1. Memasang Case eksternal 
Ketika sobat menggunakan action cam untuk benar benar melakukan kegiatan ekstrim maka di perlukan case untuk melindugi action cam apabila terjadi berturan seperti action cam yang jatuh atau lepas dari tempatnya. Hal ini sering sekali menyebabkan kerusakan ringan hingga berat karena sparepart yang berada di dalam action cam tersebut terkena hentakan hingga berpindah porosnya atau yang lebih parah lagi adalah hancur berkeping keping. Action cam yang Hancur berkeping keping ini bisa terjadi karena tergilas oleh kendaraan berat, terlepas dari drone yang sedang terbang tinggi dan masih banyak penyebab lainnya. Jika sobat menggunakan case pasti akan dapat meminimalisir kerusakan apabila semua itu terjadi.

2. Membersihkan action cam jika sudah kotor
Debu juga dapat merusak action cam dengan cara mengotori hingga menutupi circuit digital atau papan digital yang berada di dalam mesin action cam tersebut. Untuk itu jika kita sudah menggunakan action cam dalam 2-3 bulan kita perlu membersihkan bagian dalamnya, membersihkan Lensanya dan bodi luarnya jangan lupa setelah membersihkan di keringkan dulu apabila sobat menggunakan lap yang terdapat air.

3. Jauhi dari magnet dan hal yang mengganggu lainnya
Magnet dan air merupakan element yang paling sering merusak barang digital, contohnya saja coba sobat meletakkan magnet di dekat layar televisi sudah pasti layar televisi tersebut akan berubah warna. Jika di biarkan lama magnet dekat dengan layar televisi dapat mengubah warna televisi di bagian tertentu hingga tidak dapat menghasilkan warna yang sesuai dengan tayangan yang muncul di tv. Begitu juga dengan action cam ini jangan dekatkan dengan magnet agar tidak merusaknya. Nah kalo air sih sobat bisa menggunkaan Case eksternal atau kotak kaca dari action cam ini.

4. Letakkan di tempat yang aman
Jangan meletakkan action cam di tempat yang rawan jatuh karena dapat merusaknya apabila jatuh, sudah banyak sekali kejadian kamera yang rusak akibat kurang bagus menyimpannya.

5. Matikan jika sudah terlalu Panas
Selain kurang nyaman saat di pegang, jika action cam sudah panas terus menerus di pakai tanpa di istirahatkan dapat merusak action cam tersebut yaitu pada bagian baterainya yang perlahan lahan susah mengisi daya hingga cell baterai mati. Oleh karena itu jika sudah terlalu panas maka matikanlah action cam terssebut lalu charger tunggu hingga tidak panas lagi.

Jenis kamera yang satu ini sangat rawan untuk terjadi kerusakan karena memang memiliki bodi yang kecil sehingga banyak orang yang teledor dalam menjaga action camera miliknya. Untuk itu, kamu wajib merawat action cam agar tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang alias memiliki umur yang panjang untuk digunakan.


EmoticonEmoticon