Rabu, 30 Mei 2018

5 Kerusakan Pada Printer Dan Cara Mengatasinya

5 Kerusakan Pada Printer Dan Cara Mengatasinya

mengatasi kerusakan pada printer
Printer pribadi bukan lagi barang yang mahal pada zaman sekarang karena harga printer sudah sangat murah seperti yang kita ketahui untuk membeli printer murah saja kita hanya perlu minimal 500 ribu. Untuk itu apakah kamu sudah mempunyai printer pribadi?, jika belum maka silahkan di beli karena barang ini sangat membantu kamu apalagi jika sedang kuliah atau sedang mengerjakan skripsi. Bayangkan saja jika kamu baru selesai mengerjakan skripsi pada malam hari sudah pasti sangat sedikit warnet atau tempat percetakan yang masih buka pada jam segitu.

Nah jika kamu sudah punya printer dan sudah menggunakannya cukup lama, Maka tidak menutup kemungkinan akan timbul masalah baru yaitu jika printer yang kamu miliki rusak dan mempunyai masalah yang membuat kamu menjadi kesulitan dalam menggunakannya. Ada banyak jenis-jenis kerusakan yang terjadi pada printer. Kita wajib tau mengenai kerusakan ini walaupun printer kamu masih sehat agar nantinya jika kerusakan terjadi pada printer kamu, kamu tak perlu membawa printernya ke tempat servis.

Mengatasi segala jenis kerusakan pada printer


1. Printer masuk angin atau tinta beku
Seringkali ketika printer mengalami masalah pada tinta, ketika proses mencetak tinta tersebut tidak muncul karena satu hal yaitu tinta yang beku atau tinta yang masuk angin. Ini bisa terjadi karena printer yang jarang digunakan dalam beberapa waktu misalnya di anggurin selama 1-2 bulan. Ini akan menjadi suatu masalah bagi printer yang kita punya.

Untuk memperbaiknya jika sudah terjadi masalah printer yang tintanya beku lumayan sulit, kamu bisa merendam selang aliran tinta dengan air panas agar semua tinta yang beku keluar dan tidak terdapat lagi penyumbatan pada selang tinta tersebut. Setelah tinta yang beku tadi di keluarkan kamu bisa mengeringkan selang agar semua air yang terdapat pada selang keluar 100% kemudian kamu bisa memasangnya kembali.

Jika didalam selang ada angin sehingga tinta yang keluar tidak sempurna alias satu bagian terkena tinta dan bagian lainnya dalam kertas menjadi kosong (tidak muncul tinta). Cara mengatasinya kamu bisa menyedot menggunakan suntikan terlebih dahulu semua tinta dalam printer, pisahkan setiap warna tinta dalam sebuah wadah lain. Setelah semua tinta didalam printer habis, kamu bisa menuangkan kembali tintanya kedalam printer. Pastikan pula tidak ada angin yang masuk agar tidak terjadi lagi kerusakan.

2. Printer macet karena terdapat kertas menghambat
Jika kamu pernah salah print lalu menarik kertas dengan kuat hingga tersisa potongan kertas yang merusak printer harap hal tersebut jangan kamu lakukan. Karena hal sepele seperti ini dapat merusak printer yang bagus sekalipun, awalnya printer tidak akan tampak kerusakannya tetapi jika sudah terlalu lama akan banyak komponen yang kendor akibat tarikan yang salah. Untuk menghindari hal ini agar tidak terjadi, jika salah print kamu bisa menekan tombol lampu pada printer untuk menghentikan proses print secara normal tanpa di paksa. Atau kamu bisa mematikan terlebih dahulu melalui tombol power pada printernya dan nyalakan kembali.

3. Printer tidak terdeteksi
Masalah printer yang tidak terdetaksi ini bisa karena kabel atau software yang kurang pas. Mengatasi masalah ini sangatlah mudah kamu tinggal membersihkan atau membenahi kabel yang terhubung dengan printer dan laptop nya agar terdeteksi. Jika bukan itu masalahnya, Kamu bisa mencoba untuk cek software printer apakah sesuai dengan jenis printer atau tidak. Jika memang sudah sesuai namun masih mengalami masalah kamu bisa mencoba untuk menginstal ulang software printernya.

4. Printer berkedip kedip terus
Ini biasanya karena kesalahan sistem, ditandai dengan munculnya lampu berwarna orange berkedip-kedip. Ini biasanya sering terjadi pada printer IP2770. Cara mengatasinya cukup mudah anda bisa menekan tombol lampu berwarna orange berkali-kali sampai printer mengulang proses kembali, kamu juga bisa mematikan printer terlebih dahulu melalui tombol powernya, dan coba nyalakan kembali. Ulangi lagi proses mencetaknya.

5. Printer tidak mengeluarkan tinta alias BLANK
Kamu harus cek isi tinta yang ada didalam printer, apakah masih ada atau sudah habis. Untuk yang satu ini masalahnya sangat mudah yaitu karena tinta yang sudah habis atau adanya sumbatan pada tinta hingga tidak mau keluar, cara mengatasinya yaitu mengisi tinta lalu membersihkan saluran tinta keluar.

Semua kerusakan pada printer terjadi karena kurangnya perawatan dari para penggunanya, untuk itu saya sarankan jika mempunyai printer pribadi selalu gunakan printer setiap hari minimal kamu melakukan print 1 lembar menggunakan kertas bekas pun tidak masalah agar printer selalu teroperasi dengan semestinya atau seperti biasanya.
5 Kerusakan Pada Printer Dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.