Kamis, 17 Mei 2018

5 Cara Memilih Printer Yang Bagus Dan Berkualitas

memilih printer yang murah dan berkualitas

Untuk saat sudah banyak jenis-jenis printer di luaran sana, mulai dari yang biasa sampai yang luar biasa, dari yang harga murah sampai harga yang mahal. Namun semua itu akan sia-sia jika kita tidak tahu cara memilih printer yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan kita. Memilih printer tidak seperti memilih VGA yang sudah jelas tampil namanya Seperti GTX 1080 dengan GTX 1070 pasti sobat sudah tau yang mana yang lebih bagus kan?. Tidak berlaku pada pemilihan printer karena produsen atau pembuat tidak menggunakan sistem seperti ini, maka dari itu sebelum membeli printer ada baiknya untuk melihat spesifikasi dan kebutuhan kita.

Mempunyai printer sendiri memang sangat membantu, terlebih kita bisa melakukan print kapan saja dan dimana saja, apalagi untuk seorang pelajar dan mahasiswa akan banyak sekali kita menemui tugas yang harus di cetak. Secara ekonomis pun mempunyai printer sendiri akan jauh lebih hemat ketimbang kita harus selalu mencetak di tempat fotocopy atau warnet.

Cara memilih printer yang baik dan benar


1. Merk yang sudah terkenal
Untuk menghindari penyesalan karena membeli printer yang salah maka sobat lebih baik membeli printer yang Merk atau Brandnya sudah terkenal dengan begitu jika sobat mempunyai masalah dengan printer tersebut pastinya akan lebih mudah mengatasinya. Selain itu kita akan lebih percaya pada brand yang sudah terkenal ketimbang yang belum terkenal karena mereka pastinya akan menjaga nama baik produknya sama dengan nama merk mereka. Selain itu printer yang bermerk sudah pasti jarang rusak karena sudah teruji oleh karena itu berhati hati jika membeli printer tanpa merk. Membeli merk belum terkenal pun sebenarnya tidak masalah, namun kamu harus survey terlebih dahulu review-review yang diberikan apakah pemakainya puas atau pada kecewa.

2. Cek Kondisi Fisik
Ketika kamu ingin membeli printer lebih baik kamu cek kondisi fisik dari printer tersebut apakah dalam kondisi yang baik atau terdapat goresan atau bodi yang seperti dicat kembali, dan permasalahan lainnya yang terlihat oleh kita. Toko tidak menjamin bahwa produk yang dijual 100% dalam kondisi baik, banyak pelaku curang yang menghalalkan segala cara. Sebelum deal membayar printer kamu harus benar-benar mengecek printernya dengan baik karena beberapa toko menerapkan peraturan "barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan". Jangan tergesa-gesa untuk membeli barang apapun jika kamu tidak ingin merasakan penyesalan.

3. Mempunyai harga yang normal
Harga yang terlalu murah sangatlah mencurigakan karena printer yang terlalu murah biasanya adalah bahan atau printer yang sudah rusak tetapi di perbaiki dan di jual kembali atau bahkan bisa saja produk tiruan yang numpang nama pada merk terkenal hanya untuk mendapatkan untung banyak dan tidak perduli kepada nasib konsumen nantinya. Barang seperti ini biasanya di jual bukan di toko komputer tapi kebanyakan di sosial media atau melalui online. Pastikan bahwa kamu sudah cek harga asli yang ada di website merk printer yang akan kalian beli, setidaknya harga yang diberikan tidak jauh beda dari harga dari website. Intinya harga printer harus tidak jauh beda dengan harga pasaran yang ada.

4. Sesuaikan dengan kebutuhan anda
Pilih printer yang mempunyai banyak fungsi tambahan seperti foto copy, scan, print dalam jumlah yang banyak, resolusi yang tinggi untuk mencetak gambar, dan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan anda nantinya.

Saya rasa sudah cukup Jika hanya printer untuk rumahan kamu bisa gunakan Canon IP2770. Nah jika kamu memerlukan printer untuk kantor yang spesifikasinya bisa scan, mencetak dalam jumlah banyak, bisa scan langsung print, bisa melakukan print melalui smartphone dan wifi maka kamu bisa memilih printer inkjet brother T710W, T810W, atau T910DW.

Tapi jika kamu memiliki budget yang lebih kamu bisa gunakan printer dengan spesifikasi yang sudah bagus dan memiliki fitur yang cukup lengkap agar ketika kamu ingin mencetak melalui smartphone atau melakukan scan misalnya, printer sudah siap untuk mendukungnya  hingga tidak perlu bantuan lagi seperti pergi ke percetakan dan lainnya yang harus mengeluarkan uang lagi.

5. Ada garansinya
Setiap produk yang asli selalu diberikan garansi terhadap barang yang di pasarkannya, kamu harus memastikan bahwa printer yang akan kamu beli memberikan garansi agar ketika nanti mengalami masalah akibat penggunaan atau produk gagal, kita bisa memperbaikinya atau bahkan menukarkannya tanpa mengurangi isi kantong kita alias gratis.

Semua printer memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sekarang tergantung dengan kebutuhan kita terhadap printer apakah hanya untuk mencetak saja atau bahkan untuk mencetak foto dan lainnya.  Jika kamu memiliki budget yang kurang untuk membeli printer yang akan beli, saya sarankan tabung terlebih dahulu sampai budget anda cukup, jangan dipaksakan untuk dibeli dengan printer lain yang sebenarnya tidak cocok dengan kebutuhan kita.


EmoticonEmoticon