Sabtu, 12 Mei 2018

6 Cara Terbaik Memilih Hardisk Eksternal Yang Benar 2018

cara memilih harddisk eksternal

Hardisk atau harddisk drive ( HDD ) merupakan media penyimpanan data pada komputer yang cepat dan juga lebih murah di bandingkan dengan SSD. Hardisk mempunyai pasar yang lebih luas di bandingkan SSD jika kita melihat komputer desktop, komputer laptop, dan device komputer lainnya pasti kita melihat penyimpanan utamanya adalah HDD ini karena harganya yang murah dan kapasitas penyimpanan yang besar. Maka dari itu sampai saat ini lebih banyak pengguna HDD di bandingkan SDD.

Untuk menyimpan data yang sangat besar dengan ukuran HDD seperti 400GB ke atas, memang tidak pas menyimpannya di dalam Flashdisk, CD, DVD dan penyimpanan kecil lainnya. Selain penyimpanan yang kecil jika kita menggunakan media penyimpanan seperti CD maka kita harus menyiapkan CD-DVD ROM agar jika device tidak mendukung kita bisa langsung memasang CD-DVD ROM sebagai media pembaca datanya.

Apalagi jika flashdisk lebih mudah terserang virus karena lemahnya sistem pertahanannya. Nah Hardisk Eksternal merupakan solusinya yang dapat memberikan ruang penyimpanan yang besar dan lebih kencang di bandingkan flashdisk dan cd, untuk itu berikut ini tips untuk membeli hardisk eksternal yang baik dan benar agar tidak rugi nantinya.

Ciri ciri hardisk eksternal yang berkualitas


1. Jangan beli HDD yang sering kena Badsector
Badsector adalah keadaan dimana satu sektor dalam hardisk mengalami kerusakan sehingga tidak memungkinkan digunakan sebagai media penyimpanan. Banyak sekali hardisk abal abal yang cepat rusak karena terjadi Badsector akibat kesalahan pada sistem penyimpanannya sendiri, jika hal ini terjadi berlum terlalu lama setelah membeli hardisk tersebut maka bisa jadi hardisk yang kamu beli tersebut adalah abal abal.

Biasanya jika hardisk abal abal ini sudah kamu perbaiki dari badsector akan terjadi kesalahan badsector lagi dalam waktu yang tidak terlalu lama karena memang dasarnya ini adalah produk gagal atau tidak berkualitas. Jika hardisk yang kamu beli bagus maka jarang sekali terjadi badsector itupun jika terjadi karena penggunaan sudah terlalu lama seperti sudah melewati 3 tahun pemakaian.

2. Tidak cepat panas
hardisk eksternal yang bagus tidak akan cepat panas tanpa terjadinya proses akses pada media penyimpanan. Jika pada hardisk abal abal baru di colok saja sudah panas maka berbeda dengan hardisk yang bagus atau berkualitas. hardisk eksternal yang berkualitas tidak mudah panas, jika pun panas itu karena kita sedang mengcopy file yang berada di hardisk eksternal, penggunaan laptop terlalu lama, memori hardisk yang terlalu penuh dan suhu ruangan yang panas. Namun berbeda dengan hardisk yang tidak berkualitas biasanya kita tidak melakukan copy atau transfer data/file hardisk saja sudah panas, ini menandakan bahwa hardisk tersebut memiliki kualitas yang jelek.

3. Pilih yang Merk sudah terpercaya
Admin rekomendasikan jika kamu membeli hardisk eksternal pilih yang mempunyai merek yang sudah sering terdengar seperti Sony, Samsung, Toshiba, Kingstone dan lainnya. Jangan mau beli hardisk yang tidak mempunyai merek  karena biasanya sobat akan menyesal ketika mengetahui hasilnya yang jelek dan mengecewakan. Jika kamu tidak mempunyai gambaran dalam memilih hardisk coba kamu searching dengan keywoard "hardisk eksternal terbaik kaskus" forum ini sudah banyak membahas tentang hardisk. Jadi, paling tidak kamu sudah mempunyai gamabaran dari hasil review orang-orang di forum tersebut.

4. Harga hardisk eksternal sesuai harga pasaran
Jangan cepat tertarik dengan harga murah karena biasanya itu adalah barang lama yang tidak laku kemudian di jual kembali dengan sedikit rombakan, lebih mengerikan lagi hardisk eksternal murah tersebut adalah hardisk rusak yang di perbaiki lagi untuk di jual agar mendapatkan utung yang banyak. Tidak hanya itu, hardisk yang memiliki harga murah biasanya tidak original alias KW, kamu pasti tau dong kualitas antara barang original dengan KW? iyah benar barang KW lebih cepat rusak dan biasanya tidak memiliki garansi resmi jika suatu saat hardisk mengalami kerusakan.

5. Mempunyai Case yang kuat
Pilih lah hardisk yang mempunyai casing kuat seperti dari bahan metal besi dan lainnya. Dengan memilih hardisk eksternal tahan banting seperti itu maka pastinya jika jatuh akan mengurangi persentase kerusakan pada hardisk karena mempunyai pelindung yang kuat sehingga melindungi komponen didalam hardisk agar tidak mudah lepas atau hancur. Jika kamu memiliki budget lebih jangan mmbeli hardisk dari bahan plastik kecuali memang kamu bisa menjaganya dengan baik.

6. Pilih hardisk yang asli
Yang terakhir untuk memastikan hardisk eksternal yang kamu beli bagus, Cek keaslian hardisk tersebut dengan melihat kotak, lisensi, dan lainnya untuk mengecek ke aslian. Jika kamu masih khawatir hardisk yang akan kamu beli original atau KW nya, saya sarankan untuk membeli melalui website dari merk hardisk yang kamu akan beli. Ini jauh lebih aman dan tak perlu diragukan lagi keasliannya.

Setelah kamu mengetahui mengenai hardisk eksternal yang berkualitas, mulai dari sekarang kamu harus lebih selektif lagi untuk memilih hardisk untuk laptop agar file yang kita simpan di hardisk tidak hilang atau rusak hanya karena hardisk yang kita beli abal-abal.


EmoticonEmoticon